Cari Blog Ini

jam

kamus unlen

Labels

sitemeter

MAKANAN


i38.tinypic.com

Syarat makanan sehat adalah makanan yang higinis, bergizi dan berkecukupan.
·      Higinis adalah makanan yang tidak mengandung kuman penyakit dan zat yang dapat membahayakan kesehatan tubuh.
·      Bergizi adalah makanan yang mengandung empat sehat lima sempurna
·      Berkecukupan yaitu makanan yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh pada usia dan kondisi tertentu.

Fungsi makanan yaitu :
1.    Sebagai sumber/penghasil energi
2.    Sebagai pembangun tubuh
3.    Sebagai pelindung
4.    Menjaga tubuh dari kondisi stres
5.    Meningkatkan inteligensi
6.    Memelihara fungsi reproduksi
KARBOHIDRAT
          Karbohidrat merupakan senyawa organik yang disintesin dari senyawa anorganik yang mengandung unsur-unsur karbon (C), hidrogen (H), dan oksigen (O). Komponen dasar dari karbohidrat adalah monosakarida, yaitu karbohidrat yang paling sederhana, yang hanya memiliki satu gugus gula dan mempunyai rasa manis.  Sumber karbohidrat dari padi, sagu, ketela pohon, jangung, gandum dan biji-bijian lainnya.
          Fungsi karbohidrat :
·    Sebagai sumber energi utama
·    Sebagai bahan pembentuk senyawa kimia lain
·    Sebagai komponen penyususn gen dan inti sel yang amat penting dalam pewarisan sifat.
·    Sebagai senyawa yang membantu dalam proses berlangsungnya air besar.

LEMAK
          Lemak menyediakan bentuk pekat energi untuk tubuh dan dapat ditemukan dalam makanan baik dari sumber hewan maupun tumbuhan. Beberapa lemak diutuhkan untuk membangun susunan sel dan sebagai media untuk vitamin larut-lemak. Lemak hewan atau disebut dengan lemak hewani dapat diperoleh dari keju, lemak danging, mentega, susu, ikan basah, minyak ikan, dan telur. Lemak tumbuhan yang disebut lemak nabati dapat diperoleh dari kelapa, kemiri, zaitun, berbagai tanaman kacang, dan buah avokad.
          Fungsi lemak :
1.  Sebagai pelindung tubuh dari pengaruh suhu rendah
2.  Sebagai pelarut vitamin A, D, E, dan K
3.  Sebagai pelindung alat-alat tubuh yang vital
4.  Sebagai penghasil energi tertinggi
5.  Sebagai salah satu bahan penyusun membran sel
6.  Sebagai salah satu bahan penyusun hormon dan vitamin
7.  Sebagai salah satu bahan penyusun garam empedu, asam kolat dan hormon seks

PROTEIN

minhtien.net
          Protein makanan diperukan untuk membangun susunan sel, seperti pertumbuhan dan perbaikan sel. Protein juga dibutuhkan untuk membuat enzim. Dalam keadaam darurat, tubuh dapat menggunakan protein untuk energi. secara strukturnya, protein adalah rantai panjang dari berbagai campuran organik yang disebut asam amino. Protein berbeda dengan satu sama lainnya karena kandungannya bermacam-macam asam amino juga karena susunan terjadinya asam amino dalam molekul protein.
          Duabelas asam amino berbeda dibuthkan untuk membuat protein tubuh. Sembilan darinya tidak dapat dibuat dalam tubuh, dan oleh karena itu harus diperoleh dari makanan. Kesembilan asam amino ini disebut asam amino esensial. Protein yang bersumber dari hewan menyediakan protein seimbang yang dibutuhkan tubuh dan disebut protein lengkap.
1)             Asam amino esensial
Asam amino esensial adalah asam amino yang harus didatangkan dari luar tubuh manusia karena sel-sel tubuh tidak dapat mensintesisnya. Asam-asam amino tersebut sebagian besar hanya dapat disintesis di dalam sel-sel tumbuhan, sebab untuk sintesisnya diperlukan senyawa nitrat anorganik. Ada 8 asam amino esensial untuk orang dewasa dan 10 asam amino esensial untuk anak-anak.
Yaitu : isoleusin, leusin, lisin, metionin, fenilalanin, treonin, valin, triptofan. Dan untuk anak-anak dengan Arginin dan histidin.

2)             Asam amino semiesensial
Asam amino semiesensial adalah asam amino yang dapat menghemat pemakaian beberapa asam amino esensial. Contohnya sistein dapat menghemat pemakaian metionin. Definisi semiesensial dapat juga diartikan asam amino yang dapat mencukupi untuk proses pertumbuhan orang dewasa, tetapi tidak mencukupi untuk proses pertumbuhan anak-anak.
Asam amino semi esensial yaitu : Arginin dan Histidin (untuk anak-anak), sistein glisin, tirosin.
3)             Asam amino nonesensial
Asam amino nonesensial adalah asam amino yang dapat disintesis di dalam tubuh manusia dengan bahan baku asam amino yanglainnya.
Yaitu : Alanin, Asparagin, asam aspartat, asam glutamat, glutamin, prolin.
          Kekurangan protein di dalam tubuh dapat mengakibatkan beberapa penyakit, seperti kwashiorkor, anemia, radang kulit, dan busung lapar yang disebut juga hongeroedem karena terjadi edema (pembengkakan organ karena kandungan cairan yang berlebihan) pada tubuh.

VITAMIN
          Vitamin adalah gizi yang diperlukan yang membantu reaksi kimia dalam tubuh. Bagaimanapun juga, karena vitamin tidak dikonsumsi dalam reaksi, hanya sedikit jumlah vitamin yang dbutuhkan dalam diet. Setiap vitamin mempunyai peranan khusus, dan ketidakadaannya dari diet dapat mengebabkan penyakit kekurangan.
AIR
          Air adalah zat kimia yang paling banyak dalam tubuh. Air membuat sekitar 70% berat tubuh pada orang dewasa. Reaksi kimia dalam tubuh berlangsung dalam bentuk larutan. Air tidak menghasilkan energi. didalam jaringan tubuh, air digunakan untuk
·    Melarutkan senyawa-senyawa lainnya
·    Mengangkut zat dari sel ke sel atau dari jaringan ke jaringan lainnya.
·    Menjaga stabilitas suhu tubuh.
Category: 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

pencarian

buku tamu


ShoutMix chat widget

tentang urang

Foto saya
kuningan, jawa barat, Indonesia

Pengikut

peta kampungku

Labels